Wisata Pantai Sendang Biru Kian Terdesak Oleh Peradaban


Wisata Pantai Sendangbiru secara administratif terletak di Dusun Sendangbiru, Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Pantai yang termasuk dalam gugusan Pantai Selatan Malang ini merupakan salah satu wanawisata andalan Perum Perhutani dan termasuk sebagai hutan lindung.

Wisata Pantai Sendangbiru berjarak sekitar 67 kilometer dari Kota Malang dan diperlukan waktu sekitar 2,5 jam untuk sampai ke pantai ini. Wisata Pantai Sendangbiru letaknya berdekatan dengan Wisata Pantai Goa Cina, Wisata Pantai Ungapan, Wisata Pantai Bajulmati, serta Pulau Sempu yang sarat keindahan dan misteri.

Berbeda dari tahun 80-90an, Pantai Sendangbiru yang sekarang sudah tidak menarik lagi. Di bibir pantai dipenuhi perahu nelayan serta kadang terlihat kotor oleh sampah yang datang dari pemukiman. Kawasan wisata ini ramai oleh para pendatang yang ingin membeli ikan-ikan segar hasil tangkapan para nelayan sekitar setelah sebelumnya mengunjungi pantai-pantai yang dekat dengan Wisata Pantai Sendangbiru. Selain itu, para pengunjung terkadang juga lebih memilih untuk menyeberang dan menikmati pemandangan pantai-pantai di sekitar Pulau Sempu. Tetapi bila anda ingin melihat pemandangan tentang kesibukan para nelayan, maka anda datang di tempat yang tepat.  Pantai Sendangbiru juga akan penuh sesak dengan warga sekitar ketika hari-hari Syawalan, yaitu sekitar tanggal 7-8 Syawal, dimana banyak pengunjung berperahu ke Pulau Sempu untuk mengambil air dari sebuah mata air tawar yang dipercaya bisa untuk kesehatan dan kesembuhan. Sedangkan setiap tahun, tepatnya pada 27 September penduduk setempat menyelenggarakan acara petik laut (sedekah laut).

Pertanyaan yang sering muncul dari para pengunjung adalah, apakah ada sendang, atau mata air di Sendangbiru? Ya, sebenarnya ada sebuah sendang di bawah bukit yang, kebetulan, airnya berwarna biru. Dari sinilah nama Sendangbiru berasal. Posisi sendang sekitar 1 kilometer dari arah barat pantai. Dari pantai naik ke perkampungan menuju jalur lintas selatan (JLS). Di sebelah kiri JLS dari arah pantai terdapat jalan setapak menuju bawah bukit. Di situlah terdapat sumber air yang menghidupi warga sekitarnya.

Sangat mudah untuk menuju Wisata Pantai Sendangbiru ini karena adanya angkutan umum yang siap mengantar anda. Dari Kota Malang, anda bisa menaiki bis antar kota jurusan Malang-Dampit di Terminal Hamid Rusdi. Tetapi, seringkali bis-bis kota berhenti di bekas Terminal Gadang yang sekarang telah beralih fungsi menjadi pasar. Dari Malang turunlah ke Turen dan lanjutkan dengan angkutan kota menuju Wisata Pantai Sendangbiru dengan warna biru muda. Namun, kebanyakan wisatawan lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi demi efisiensi waktu.

Fasilitas

Di Wisata Pantai Sendangbiru anda akan menemukan beberapa fasilitas dan layanan seperti:
• Area parkir
• Toilet
• Masjid & Mushola
• Shelter
• Menara pandang
• Pusat informasi
• Warung-warung makan
• Perahu yang siap mengantar-jemput ke Wisata Pulau Sempu.
• Pasar ikan

Peta Lokasi



Diolah dari berbagai sumber.
Previous Post
Next Post