Wisata Alam Coban Trisula: Air Terjun Tiga Tingkat


Siapa yang tidak suka dengan pemandangan indah? Wisata alam terhampar luas dihiasi air terjun yang menyejukkan mata. Malang merupakan salah satu Kota di Indonesia yang memiliki banyak air terjun yang indah untuk menarik minat wisatawan mengunjungi Kota yang dikenal dengan wisata kuliner bakso tersebut. Salah satu air terjun yang wajib dikunjungi wisatawan adalah Wana Wisata Coban Trisula.

Coban sendiri merupakan bahasa Jawa yang artinya air terjun. Coban Trisula baru diresmikan sekitar 1 tahun yang lalu. Masih banyak wisatawan yang belum mengetahui keberadaan Coban Trisula ini dibandingkan dengan Wisata Alam Coban Rondo atau Coban Pelangi yang sudah lebih dikenal masyarakat umum.

Wisata Alam Coban Trisula berada di Desa Ngadas, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang. Jarak dari Kota Malang ke Coban Trisula sekitar 35 kilometer dan dapat ditempuh sekitar 1,5 jam dengan mengendarai motor. Jika menggunakan angkutan umum dapat memilih mikrolet rute TA, Tumpang-Arjosari dari Terminal Arjosari dan turun di Terminal Tumpang. Dari sini wisatawan bisa melanjutkan perjalanan menggunakan angkutan menuju Gubuklakah. Sesampainya di Pemberhentian Gubuklakah dapat menggunakan ojek menuju Coban Trisula.  Selain dari Kota Malang, dapat ditempuh juga dari Pasuruan, Lumajang, maupun Probolinggo.

Di sekitar air terjun, wisatawan dapat melihat hamparan hijau tanaman dan bunga-bunga liar. Bahkan sesekali dapat mendengar suara binatang-binatang liar dan suara kicauan elang di udara.

Mengapa air terjun ini dinamakan Trisula? Hal ini dikarenakan air terjun yang jatuh ke sungai sebanyak tiga tingkatan.  Keunikan yang dimiliki air terjun ini sendiri yaitu memiliki tiga air terjun yang berdekatan di sepanjang aliran Sungai Lajing. Berawal dari Coban Atas yakni yang paling atas, air menurun kebawah menjadikan air terjun kedua Coban Tengah, dan terakhir aliran air tersebut membentuk Coban Bawah dimana bagian ini yang terletak paling bawah. Ketinggian Coban Bawah sekitar 11 meter dan letaknya agak tersembunyi. Sedangkan Coban Tengah hanya setinggi 2, 5 meter dan terbagi atas tiga buah kolam alam besar yang menampung aliran air. Sedangkan Coban Atas yang merupakan air terjun utama memiliki ketinggian sekitar 35 meter . Untuk mencapainya, wisatawan dapat melewati jalan kecil yang terjal  dan ditumbuhi pepohonan yang akar-akarnya dapat dijadikan pegangan untuk berjalan.

Dari jalan menuju Bromo, letak Coban Trisula ini hanya berjarak sekitar 700 meter dengan kondisi jalan yang licin dan menurun. Jalurnya berliku-liku, dan terdapat sebuah persimpangan di awal jalan tersebut. Selama perjalanan, wisatawan akan menikmati panorama hutan yang alami dan sejuknya udara pegunungan. Coban ini biasanya dijadikan tempat persinggahan para pendaki yang menuju maupun pulang dari Wisata Alam Gunung Bromo.

Peta Lokasi



Diolah dari berbagai sumber.
Previous Post
Next Post