Wisata Pantai Kondang Merak, Keindahan di Saat Laut Surut


Mungkin belum banyak dari pembaca yang mengetahui tentang Pantai Kondang Merak. Wisata Pantai Kondang Merak termasuk dalam gugusan pantai selatan yang terletak di tepi Samudera Indonesia dan secara administratif berlokasi di Desa Sumberbening, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Ada satu atraksi menarik yang disuguhkan oleh Wisata Pantai Kondang Merak, yaitu ketika air laut mencapai puncak surut dimana para wisatawan bisa berjalan-jalan hingga sedikit menjauhi bibir pantai dan menikmati genangan air laut yang tenang. Pengunjung bahkan diperbolehkan untuk mendatangi beberapa pulau kecil yang bisa dicapai saat air laut mencapai puncak surut. Tetapi, anda harus waspada akan datangnya ombak bila laut menjelang pasang.

Wisata Pantai Kondang Merak mudah ditemukan, tapi untuk mencapainya anda memiliki sedikit tantangan. Ikutilah jalan menuju Wisata Pantai Balekambang. Setelah perkebunan tebu anda akan memasuki jalan dengan pepohonan rindang. Temukan sebuah perempatan, dengan petunjuk arah ke Wisata Pantai Kondang Merak ke arah kanan. Jika berbelok ke kiri, anda akan menuju Wisata Pantai Nganteb, Pantai Bajulmati, hingga Pantai Sendangbiru.

Dari perempatan itu anda harus menaklukkan kombinasi antara jalan tanah dan makadam sekitar 4 km. Apabila anda berkunjung di musim kemarau, waktu tempuh mungkin hanya memakan waktu 20-30 menit. Tetapi, saat musim penghujan, disarankan untuk menggunakan kendaraan yang benar-benar bisa diajak bekerja keras karena banyak kubangan lumpur dan jalan yang relatif sempit dengan diapit hamparan pepohonan besar dan semak yang lebat. Waktu tempuh di musim hujan pun tentunya lebih lama karena sulitnya medan.

Fasilitas

Terdapat fasilitas-fasilitas yang memudahkan pengunjung Wisata Pantai Kondang Merak, antara lain:
1. Camping Ground untuk pengunjung yang ingin berkemah
2. Kedai makanan & minuman dengan menu utama sate gurita dan ikan bakar
3. Menara pengawas
4. Kamar mandi
5. Lahan parkir untuk mobil dan motor

Jam Operasional

Wisata Pantai Kondang Merak bisa dikunjungi kapan saja, terutama bagi anda yang ingin berkemah. Petugas jaga, yang juga warga sekitar, akan dengan senang hati menyambut kedatangan anda.

Harga Tiket

Untuk memasuki kawasan Wisata Pantai Kondang Merak, Anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp. 5.000,- per orang (tidak termasuk bea parkir)

Peta Lokasi



Diolah dari berbagai sumber.
Previous Post
Next Post