Bumi Perkemahan Bedengan: Tempat Berkemah Yang Sejuk dan Hijau


Wisata Alam Bedengan berada di Dusun Selokerto, Desa Selorejo, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang. Hawa sejuk masih kental terasa di tempat ini. Selain karena letaknya di dataran tinggi, Bedengan juga memiliki hamparan pemandangan hijau yang menghiasi tempat wisata ini. Ketika memasuki obyek Wisata Alam Bedengan, pengunjung akan disambut oleh pepohonan pinus yang banyak terdapat di tempat ini.

Wanawisata Alam Bedengan baru dibuka tahun 2007 lalu. Awalnya, tempat ini bukanlah tempat wisata hingga akhirnya PT Perhutani menjadikan lahan di sini sebagai tempat pembibitan tanaman pohon yang biasa disebut bedeng. Dari sinilah tercipta nama Wisata Alam Bedengan. Karena letaknya di dataran tinggi yang berhawa segar dan dingin, lambat laun tempat ini jadi banyak dikunjungi penggemar wisata alam. Selain hamparan pemandangan hijau, perkebunan jeruk di sepanjang jalan semakin menambah daya tarik di Wisata Alam Bedengan ini.

Fasilitas & Layanan

Wisata Alam Bedengan yang dikelola oleh Lembaga Kemitraan Desa Pengelola Hutan (LKDPH) Desa Selorejo memiliki fasilitas sebagai berikut:
  • Camping Ground seluas 2,5 hektar
  • Area parkir
  • Warung makanan
  • Petugas jaga malam bila ada pengunjung yang berkemah.
  • Gazebo dengan tempat duduk sebagai tempat beristirahat
Wisata Alam Bedengan juga memiliki aliran sungai yang jernih. Menurut warga sekitar, sungai tersebut berasal dari air terjun yang sangat jarang dikunjungi wisatawan, yaitu Coban Brues.

Harga Tiket Masuk

Lembaga Kemitraan Desa Pengelola Hutan (LKDPH) Desa Selorejo sebagai pengelola Wisata Alam Bedengan tidak mengenakan biaya retribusi masuk. Pengunjung hanya dikenakan biaya retribusi parkir atau penitipan kendaraan bermotor.

Akses Menuju Lokasi

Dari Kota Malang, Wisata Alam Bedengan berjarak sekitar 15 km melalui Desa Bandulan atau Dieng. Diperlukan waktu tempuh selama kurang lebih 45 menit dari pusat kota. Disarankan untuk membawa kendaraan pribadi dikarenakan tidak adanya angkutan kota yang langsung menuju lokasi wisata.

Untuk lebih memudahkan mencari Wisata Alam Bedengan, perlu diingat bahwa letaknya dekat dengan Petungsewu Wildlife Education Center (P-WEC). Bila anda dari arah Dinoyo, setelah melintasi Taman Rekreasi Sengkaling, anda akan menemukan pertigaan ke kiri dengan petunjuk arah menuju P-WEC. Dari pertigaan tersebut kira-kira jaraknya sekitar 8 km.

Setelah memasuki Desa Selorejo, jalan menuju Wisata Alam Bedengan masih tersisa sekitar 3 kilometer lagi. Setelah melewati jalan beraspal yang tidak terlalu mulus, anda akan menghadapi jalan makadam dengan lebar hanya 1,5 meter. Sangat disarankan untuk menggunakan kendaraan roda dua karena kondisi jalan yang sempit dan berbatu sepanjang kurang lebih 1,5 km. Pengunjung yang membawa mobil harus berjalan kaki dengan rute jalur yang menurun.

Peta Lokasi



Diolah dari berbagai sumber.
Previous Post
Next Post