Gunung Penanjakan dan "The Famous Sunrise"


Objek Wisata Gunung Penanjakan adalah salah satu dari beberapa atraksi wisata di Kawasan Wisata Alam Gunung Bromo. Untuk mencapai Objek Wisata Gunung Penanjakan para wisatawan bisa menaiki mobil pribadi atau menyewa Jeep 4x4 yang siap mengantarkan kita ke spot untuk melihat matahari terbit.

Mengapa para wisatawan lebih memilih Objek Wisata Gunung Penanjakan daripada Gunung Bromo untuk melihat matahari terbit? Hal ini tak lain karena letak Gunung Penanjakan yang lebih tinggi daripada Gunung Bromo sehingga pengunjung bisa langsung melihat sunrise di ufuk timur.

Saking indahnya, pengalaman melihat matahari terbit di Objek Wisata Gunung Penanjakan, yang masih satu kawasan wisata dengan Bukit Teletubbies ini disebut wisatawan-wisatawan mancanegara sebagai “the famous sunrise.” Selain menyambut mentari pagi, wisatawan akan disuguhi pemandangan menakjubkan dari Objek Wisata Gunung Bromo, Gunung Batok, dan Gunung Semeru. Sunrise dapat dinikmati sekitar pukul 04.30-05.30 pagi.

Fasilitas & Layanan

Untuk menuju Objek Wisata Gunung Penanjakan para pengunjung akan ditawari layanan mobil Jeep dari Cemoro Lawang. Memang masih ada banyak mobil-mobil pribadi yang nekad naik ke Gunung Penanjakan, tetapi ada baiknya bila tanggung jawab diberikan pada yang lebih berpengalaman.

Jam Operasional

Wisata Alam Gunung Bromo setiap harinya terbuka untuk umum.

Harga Tiket Masuk

Sejak bulan Mei 2014, tarif masuk hari kerja untuk wisatawan domestik Rp 27.500 per orang. Perinciannya, Rp 25 ribu untuk karcis dan Rp 2.500 untuk asuransi. Sementara untuk wisatawan mancanegara naik menjadi Rp 217 ribu (termasuk asuransi) dari tarif sebelumnya Rp 57 ribu.

Untuk hari libur, tarif tiket masuk Bromo naik 150 persen dari tarif hari kerja. Dengan demikian, tarif tiket masuk Bromo untuk wisatawan nusantara menjadi Rp 32.500 per orang, sedangkan wisatawan mancanegara dikenai tarif masuk Rp 317.500 per orang.

Peta Lokasi



Diolah dari berbagai sumber.
Previous Post
Next Post