Menikmati Kesegaran Baby Manis di Agrowisata Petik Jeruk Selorejo


Agrowisata Petik Jeruk Selorejo berada di Desa Selorejo, Kecamatan Dau, sekitar 17 km dari Kota Malang. Agrowisata Petik Jeruk Selorejo jadi tempat yang cocok untuk wisata keluarga karena kita bisa menemukan nuansa yang lebih alami dan kental dengan aroma pedesaan. Lokasi Desa Selorejo yang berada di daerah perbukitan dengan ketinggian 800-1.200 meter di atas permukaan laut membuat daerah ini diselimuti kesejukan khas pegunungan.

Agrowisata Petik Jeruk ini mulai dipopulerkan sejak tahun 2009 oleh para petani sekitar Desa Selorejo. Penghasilan dari tiket masuk itu akan dibagikan kepada para petani dan pemandu wisata. Para pengelola kebun cukup peduli dengan kepuasan pelanggan, Mereka hanya akan menawarkan lahan jeruk yang sebelumnya tidak disemprot pestisida kepada para wisatawan, memiliki gubuk serta, tentunya, terdapat jeruk yang siap panen. Agrowisata Petik Jeruk Selorejo ini juga dijadikan sarana edukasi bagi anak-anak sebagai pengenalan lingkungan dan tumbuhan.

Beberapa varietas jeruk yang dikembangkan di Agrowisata Petik Jeruk Selorejo jeruk varietas Baby yang terdiri dari tiga macam, Java yang memiliki rasa paling manis, Pacitan yang memiliki kesegaran dan Valencia yang masam. Ada pula Jeruk Keprok Batu 55 dan Jeruk Keprok Punten. Jeruk Selorejo juga dinobatkan sebagai jeruk termanis kedua se-nusantara dalam aspek kemanisan dan kandungan gizi. Jeruk Baby manis (dikenal juga sebagai Baby Java atau Baby Valencia) itu hanya terdapat di Dau. Hasil panenan jeruk Dau didistribusikan ke Bandung, Surabaya, Solo, Bali hingga Jakarta. Hebatnya, Jeruk Baby manis ini bisa ditemukan di supermarket di Jakarta, diberi merk Jeruk Israel agar harganya terkontrol.

Fasilitas & Layanan

Para pengunjung bisa menikmati fasilitas memetik serta makan jeruk langsung di kebun yang kebanyakan memiliki gazebo. Jadi, selain menikmati jeruk, para pengunjung juga bisa bersantai sambil menikmati segarnya udara di Agrowisata Petik Jeruk Selorejo di atas gazebo yang disediakan.

Selain itu terdapat pula bumi perkemahan yang letaknya tidak jauh dari Agrowisata Petik Jeruk Selorejo, tepatnya di Wanawisata Bedengan. Ada pula air terjun Buwes dan air terjun Singo Dermo.
Setelah ditetapkan menjadi desa wisata oleh pemerintah Kabupaten Malang, Agrowisata Petik Jeruk Selorejo terus berbenah. Demi mendukung status tersebut, saat ini tersedia banyak penginapan, yang aslinya rumah penduduk setempat, bagi para wistawan yang ingin berlama-lama menikmati segarnya hawa pedesaan di kaki gunung.

Jam Operasional

Agrowisata Petik Jeruk Selorejo buka setiap hari dari pagi hingga sore hari.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk dihitung berdasarkan paket-paket yang tersedia.
  1. Paket Rp 15.000,00 (Minimal 4 orang). Fasilitas makan jeruk sepuasnya di kebun jeruk
  1. Paket Rp 25.000,00 (Untuk rombongan, minimal 10 orang). Fasilitas makan jeruk sepuasnya dan makan siang.

Akses Menuju Lokasi

Dari Kota Malang anda bisa melintasi jalan jalan raya antara Malang menuju Batu. Setelah melintasi Taman Rekreasi Sengkaling di sebelah kanan jalan, anda akan menemukan pertigaan Masjid Dau. Belok ke kiri dengan penunjuk arah menuju objek wisata P-WEC dan Desa Selorejo. Ikuti jalan beraspal lumayan mulus ke arah selatan ini lalu berbelok ke barat hingga sampai ke Desa Selorejo. Anda bisa bertanya kepada penduduk yang dengan senang hati membantu anda menuju kebun jeruk yang bisa anda panen.

Untuk anda yang menggunakan angkutan umum, perlu dicatat bahwa tidak ada angkutan umum yang melayani jurusan Desa Selorejo, Dau. Untuk itu, dari Terminal Landungsari, temukan angkutan kota yang menuju Batu. Turunlah di pertigaan Masjid Dau. Lanjutkan perjalanan anda dengan ojek yang akan mengantar anda langsung ke Desa Selorejo.

Peta Lokasi



Diolah dari berbagai sumber.
Previous Post
Next Post