Pemandian Air Panas Cangar: Kehangatan di Lereng Gunung Welirang


Wisata Alam Pemandian Air Panas Cangar berlokasi di Dusun Cangar, Desa Sumberbrantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Dari pusat kota Batu, kita bisa menempuh jalanan menanjak disertai pemandangan yang indah dan hamparan sawah dan ladang sejauh 20 kilometer. Selain itu, kita nantinya juga akan melewati kawasan Taman Hutan Rakyat (Tahura) R. Soeryo. Ada baiknya sebelum menuju ke objek wisata Pemandian Air Panas Cangar, pastikan kendaraan anda dalam kondisi baik agar tidak terjadi kerusakan ketika melibas beberapa tanjakan yang cukup curam.

Sepanjang perjalanan anda akan menemukan kebun jeruk, kebun apel, kebun wortel, bawang, dan sebagainya. Karena letaknya di pegunungan, kebun-kebun ini disusun bertingkat-tingkat. Meninggalkan daerah pemukiman, anda akan disuguhi pemandangan hutan-hutan yang masih alami dengan pohon-pohon besar menjulang. Terkadang, anda juga bisa menyaksikan kera-kera yang bergelantungan di dahan pepohonan. Bila cuaca sedang cerah, anda akan disuguhi oleh pemandangan puncak Gunung Welirang yang sering mengeluarkan kepulan asap, tanda bahwa gunung ini masih aktif dan seakan menjaga serta menyambut kedatangan anda.

Sesampainya di objek wisata Pemandian Air Panas Cangar anda akan disambut oleh gapura kecil bertuliskan Selamat Datang di Air Panas Cangar. Untuk menuju lokasi wisata adalah dengan melewati tangga menurun yang curam sekitar 5-10 menit. Anda tidak perlu khawatir terjatuh. Untuk mempermudah pengujung, pihak pengelola telah melakukan perbaikan pada tangga-tangga tersebut.
Agar anda lebih nyaman dalam menikmati hangatnya air di Wisata Alam Pemandian Air Panas Cangar, sebaiknya lakukan kunjungan di luar akhir pekan. Bisa dipastikan, setiap akhir pekan atau hari libur lainnya, Pemandian Cangar disesaki oleh para pengunjung yang menyebabkan air menjadi agak keruh.

Di kawasan Wisata Alam Pemandian Air Panas Cangar ini, anda juga bisa menemukan objek wisata lain, yaitu Gua Jepang dan Coban Watu Kembar.

Fasilitas & Layanan

Wisata Alam Pemandian Air Panas Cangar telah dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas untuk memanjakan para wisatawan, antara lain:

- Tiga jenis kolam pemandian:
  1. Sebuah kolam renang biasa dengan air yang tidak begitu panas, terdiri dari dua buah kolam sedalam dada orang dewasa.
  2. Kolam dengan kondisi air lebih panas dari kolam yang pertama, sekitar 50 derajat celcius dan hanya sedalam selutut orang dewasa.
  3. Kolam khusus wanita yang terpisah dengan kolam di luar dengan tarif tambahan Rp 5.000 per orang.
  4. Beberapa kolam privasi untuk satu orang.
- Taman bermain untuk anak-anak berupa ayunan dan jungkitan.
- Kedai-kedai makanan dengan kuliner khas berupa tape beras ketan hitam, atau badheg.
- Kamar mandi
- Penyewaan ban untuk anak–anak kecil yang ingin berenang.
- Parkir kendaraan.

Harga Tiket Masuk

Tiket masuk Wisata Alam Pemandian Air Panas Cangar cukup terjangkau. Anda hanya dikenakan tiket sebesar Rp 7.500 per orang.

Jam Operasional

Wisata Alam Pemandian Air Panas Cangar buka setiap hari mulai pukul 05:00 hingga 16.00 WIB.

Peta Lokasi



Diolah dari berbagai sumber.
Previous Post
Next Post