Menantang Arus dan Batu Sungai di Kaliwatu Rafting


Wisata Extreme Sport Arung Jeram Kaliwatu adalah bagian dari atraksi pariwisata yang ditawarkan oleh Kota Wisata Batu. Wisata Arung Jeram Kaliwatu memanfaatkan alisan sungai Brantas yang menjadi urat nadi bagi Kota Batu dan Malang. Kaliwatu menawarkan pengalaman berbeda dari arung jeram. Sesuai dengan namanya, Sungai Kaliwatu memiliki banyak batu-batu besar di sepanjang sungainya yang akan menjadi tantangan bagi para penggemar rafting yang ingin menaklukkan sungai Kaliwatu.
Selain itu, objek wisata Kaliwatu Rafting juga menyediakan paket bagi anak-anak yang dinamai Kids Rafting. Paket ini dikhususkan bagi anak-anak dengan usia 4-6 tahun. Kids Rafting memiliki prosedur keamanan yang ketat demi memberikan rasa aman dan nyaman bagi anak-anak ketika mengarungi sungai. Tujuan dari Kids Rafting adalah menumbuhkan rasa percaya diri pada anak-anak ketika menghadapi tantangan. Jarak yang ditempuh sekitar 7 km dengan durasi waktu 1,5-2 jam.

Wisata Extreme Sport Arung Jeram Kaliwatu sangat cocok bagi pemula yang ingin merasakan arung jeram karena arus di Sungai Brantas memiliki jeram yang relatif sedang. Tetapi di beberapa titik, anda akan merasakan perlawanan yang kuat dari sungai. Tingkatkan kewaspadaan terhadap bebatuan di sepanjang sungai karena seringkali menjadi hambatan yang tangguh untuk ditaklukkan. Namun anda tidak perlu terlalu khawatir karena para instruktur yang menemani anda selama perjalanan akan memberikan arahan setiap kali rintangan menyulitkan anda.
Para instruktur akan memberikan pengarahan tentang dasar-dasar berarung jeram bagi peserta. Pengarahan itu meliputi cara mendayung yang benar, posisi-posisi duduk ketika melewati suatu jeram yang menyulitkan, serta cara menghadapi arus ketika kita tercebur ke sunga. Para peserta akan dibawa ke titik awal arung jeram dengan menaiki mobil dengan bak terbuka untuk kemudian berjalan kaki sekitar 10 menit melewati persawahan. Satu perahu karet umumnya berkapasitas 5 orang termasuk seorang instruktur, tergantung kapasitas beban yang bisa ditampung.

Selama perjalanan menuju titik akhir anda akan berhenti beberapa saat di satu untuk mengembalikan stamina yang terkuras setelah melawan jeram-jeram. Menariknya, selain beristirahat anda juga dapat melakukan wisata petik jambu dari perkebunan warga sekitar sungai. Selain itu anda juga diperbolehkan melakukan atraksi terjun bebas dari balik bebatuan di pinggir sungai.

Rute Extreme Sport Wisata Arung Jeram Kaliwatu ini panjangnya sekitar 7km. Terkadang, para instruktur akan berbuat iseng kepada anda. Pada satu titik dimana sungai agak tenang dan dangkal, perahu tiba-tiba akan dibalik oleh instruktur agar semua peserta di dalam perahu karet terjun ke dalam air. Aksi ini dilakukan tidak lain agar kegiatan rafting anda semakin meriah dan penuh pengalaman.

Selain itu di Wisata Extreme Sport Arung Jeram Kaliwatu juga menyediakan wahana Donat Boat yang memiliki tantangan yang cukup berbeda dengan perahu karet. Dikatakan berbeda karena peserta Donut Boat hanya bisa menggoyang ban untuk menghindari jebakan. Para peserta harus tenang sambil mengikuti ke mana arus sungai mengalir.

Fasilitas

Untuk setiap kegiatan Arung Jeram, pasa peserta akan mendapatkan:
- Peralatan Arung Jeram
- Guide
- Rescue Team
- Welcome Drink
- Snack
- Lunch
- Asuransi

Jam Operasional

Kantor Wisata Arung Jeram Kaliwatu buka setiap hari mulai pukul 09.00 sampai 13.00 WIB. Untuk informasi dan reservasi silakan hubungi 0341-8161792 atau 081556712982

Harga Paket Rafting

Wisata Arung Jeram Kaliwatu memiliki beberapa paket berbeda yang bisa dipilih, antara lain:
1. Paket Arung Jeram
Biaya Rp160.000,00/orang
Minimal 5 peserta

2. Paket Donat Boat
Biaya Rp 110.000,00/orang
Minimal 20 orang

Akses Lokasi

Untuk mencapai lokasi rafting ini tidaklah sulit. Dari arah Surabaya, anda tinggal berbelok kanan ketika memasuki pertigaan Pabrik Rokok Bentoel, Karanglo. Ikuti jalan lurus dengan waktu tempuh sekitar 30 menit, atau sekitar 15 km. Sampai anda menemukan tanda penunjuk arah ke markas Kaliwatu Rafting.
Wisata Arung Jeram Kaliwatu juga bisa anda tempuh dari Kota Batu, jaraknya hanya sekitar 2 km atau hanya 5 menit dari pusat Kota Batu. Dari arah alun-alun Kota Batu, ambil jalan raya menuju Wisata Selecta. Belok kanan di pertigaan menuju jalan tembusan ke Malang-Surabaya melalui Karangploso hingga anda menemukan tanda penunjuk arah ke markas Kaliwatu Rafting.

Peta Lokasi



Diolah dari berbagai sumber.
Previous Post
Next Post