Gunung Bromo: Satu Pemandangan, Sejuta Keindahan

Siapa yang tidak mengenal Wisata Alam Gunung Bromo? Rata-rata orang Indonesia, bahkan mancanegara mengetahui tentang keindahan alam yang dimiliki oleh salah satu gunung berapi yang cukup aktif ini. Wisata Alam Gunung Bromo berada dalam empat wilayah administratif yakni Kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan Malang.
Wisata Alam Gunung Bromo yang berada di ketinggian 2.392 mdpl memiliki berbagai keindahan yang ditawarkan kepada wisatawan, antara lain Laut Pasir, Kaldera, sunrise emasnya di Gunung Penanjakan dan pemandangan bukit yang sangat elok, yang biasa disebut sebagai Bukit Teletubbies.

Wisata Alam Gunung Bromo punya kekhasan gejala alam yang tidak ditemukan di tempat lain, yaitu kawah di tengah kawah (creater in the creater) dengan hamparan Laut Pasir yang mengelilinginya.
Selain itu, anda juga bisa menepatkan waktu berkunjung ke Wisata Alam Gunung Bromo agar bisa menikmati upacara Kasada atau Karo yang diselenggarakan oleh Suku Tengger.

Fasilitas & Layanan

Para penduduk sekitar menyediakan layanan transportasi, yaitu mobil Jeep, untuk mengelilingi kawasan Wisata Alam Gunung Bromo. Harga sewa kendaraan tergantung pada paket yang anda ambil. Kendaraan Jeep 4 WD memiliki kapasitas 5-6 orang. Dengan menyewa kendaraan anda akan diajak berkeliling ke berbagai tempat-tempat istimewa yang ada di sekitar Wisata Alam Gunung Bromo, antara lain Gunung Penanjakan, Gunung Bromo dan sekitarnya, Laut Pasir, hingga padang savanna yang memiliki bukit-bukit hijau yang disebut sebagai Bukit Teletubbies.

Selain itu, anda juga akan menemui banyak penduduk sekitar dengan kuda-kudanya. Anda bisa menyewa kuda-kuda tersebut dengan harga yang disepakati bersama. Cobalah bernegosiasi dengan pemiliki kuda untuk mendapatkan harga yang lebih baik.

Fasilitas dan layanan lain yang ada di Wisata Alam Gunung Bromo antara lain warung-warung makanan, toko-toko yang menyediakan pakaian ekstra untuk melindungi tubuh anda dari dinginnya hawa di Gunung Bromo, mushola, serta kamar mandi kecil yang tersedia hanya di beberapa titik saja.

Berikut adalah daftar tarif sewa kendaraan (bila anda pintar nego, anda bisa mendapatkan potongan harga khusus untuk anda) sesuai dengan tempat yang akan ditempuh di Wisata Alam Gunung Bromo.

Harga Tiket Masuk
Sejak bulan Mei 2014, tarif masuk hari kerja untuk wisatawan domestik Rp 27.500 per orang. Perinciannya, Rp 25 ribu untuk karcis dan Rp 2.500 untuk asuransi. Sementara untuk wisatawan mancanegara naik menjadi Rp 217 ribu (termasuk asuransi) dari tarif sebelumnya Rp 57 ribu.
Untuk hari libur, tarif tiket masuk Bromo naik 150 persen dari tarif hari kerja. Dengan demikian, tarif tiket masuk Bromo untuk wisatawan nusantara menjadi Rp 32.500 per orang, sedangkan wisatawan mancanegara dikenai tarif masuk Rp 317.500 per orang.

Jam Operasional

Wisata Alam Gunung Bromo setiap harinya terbuka untuk umum. Hubungi agen-agen perjalanan wisata anda untuk jadwal yang lebih terperinci.

Peta Lokasi

Diolah dari berbagai sumber.
Previous Post
Next Post