Candi Songgoriti, Saksi Pertemuan Ken Arok dan Ken Dedes



Kota Batu terkenal dengan banyak objek wisata yang menarik dan banyak untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Candi Songgoriti. Candi Songgoriti ini dikenal sebagai objek wisata peninggalan dari abad ke-10. Candi ini konon menjadi saksi pertemuan antara Ken Arok dan Ken Dedes yang memiliki kecantikan luar biasa.

Candi Songgoriti ditemukan kali pertama oleh seorang arkeolog Belanda bernama Van I Isseldijk tahun 1799, kemudian pelaksanaan renovasinya dilakukan oleh arkeolog Belanda lainnya yaitu Rigg tahun 1849 dan Brumund pada tahun 1863. Tahun 1902, Knebel melakukan inventarisasi situs Candi Songgoriti dan dilanjutkan dengan renovasi besar-besaran tahun 1921. Renovasi terakhir dilaksanakan pada tahun 1938.

Wisata Sejarah Candi Songgoriti ini berada di Desa Songgokerto, Songgoriti, Malang. Songgoriti sangat layak untuk di kunjungi karena memiliki nuansa alam yang hijau dan alami dan, tentu saja, sejuk dan nyaman. Candi Songgoriti dibangun di atas mata air panas yang pada masa lalu diyakini dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Sampai sekarang, sumber air ini dimanfaatkan sebagai sumber air pemandian yang letaknya tidak jauh dari Wisata Sejarah Candi Songgoriti. Yang tertinggal dari Candi Songgoriti saat ini lebih mirip sebuah reruntuhan. Patung-patung hampir semua hilang tetapi masih ada beberapa arca Dewi.

Mitos

Candi Songgoriti memiliki mitos unik tentang sumber mata air yang dimilikinya. Konon, sumber air yang mengalir dahulunya bertemperatur rendah dan dingin. Karena sering digunakan untuk mencuci keris-keris pusaka dengan daya magis yang dahsyat di jaman Mpu Sindok lambat laun air di sumber ini berubah menjadi panas.

Namun, menurut beberapa saksi, Candi yang juga dinamai Candi Supo ini ternyata masih memancarkan sumber air dingin yang disebut Pasang Giri. Uniknya, Sumber mata air dingin ini menyembul di tengah-tengah sumber mata air panas dengan ukuran kolam 75x75 cm. Masih belum diketahui penyebab memancarnya air Pasang Giri di tengah-tengah sumber air panas. Sumber air Pasang Giri ini terletak di tengah-tengah bangunan candi bagian belakang.

Harga Tiket Masuk

Wisata Candi Songgoriti bisa dinikmati oleh wisatawan secara gratis karena tidak dikelola secara resmi oleh Pemerintah setempat.

Jam Operasional

Karena tanpa pengelola, Wisata Sejarah Candi Songgoroti bebas diakses kapan saja. Tetapi dianjurkan agar melakukan kunjungan di siang hari.

Peta Lokasi



Diolah dari berbagai sumber.
Previous Post
Next Post