Belajar Tentang Alam Sekitar di P-WEC

Sesuai namanya, Petungsewu Wildlife Education Center (P-WEC) adalah pusat edukasi tentang pelestarian alam yang didirikan oleh Yayasan ProFauna Indonesia tahun 2003. Petungsewu Wildlife Education Center beralamatkan di Jalan Margasatwa 1 Desa Petungsewu, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang.
P-WEC memakai pendidikan pengalaman (experiential learning) dengan memanfaatkan alam sebagai media belajar. yang berhubungan dengan konservasi alam dan satwa liar tersebut diberikan lewat permainan, petualangan, dan rekreasi, apalagi ditunjang suasana alami, sejuk dengan pemandangan pedesaan.
Program edukasi informal yang ditawarkan juga sangat menarik dan bervariasi, yakni mulai program ekosistem sungai, ekosistem hutan, mengenal serangga, melihat keragaman satwa liar, pengamatan burung, pohon, recycle and reuse, hingga kesejahteraan satwa. Program edukasi ini tidak hanya dilaksanakan di kawasan P-WEC saja, tetapi juga di hutan dan sungai di sekitar P-WEC. Untuk program edukasi yang lengkap, disarankan kepada pengunjung untuk memilih paket edukasi 1-3 hari. Dengan memilih paket edukasi ini maka informasi yang diperoleh akan lebih lengkap dengan harga yang lebih murah.
Program edukasi yang ditawarkan antara lain:
- Detektif alam: Program ini mengajak peserta untuk mengeksplore alam lebih dalam dengan menjadi detektif yang penuh rasa ingin tahu yang tinggi.
- Green art: Peserta akan belajar membedakan jenis sampah dan mengelola sampah menjadi karya seni yang ramah lingkungan.
- Bird watching: Dengan bantuan pengajar berpengalaman, peserta akan melakukan nature trail mengenal keanekaragaman dan kebiasaan burung ketika berada di alam.
- Petani cilik: Peserta akan diajak berjalan-jalan ke ladang pertanian sambil menikmati nuansa pedesaan yang alami serta berinteraksi langsung dengan petani.
- Edukasi sungai: Kegiatan yang akan dilakukan antara lain river trail untuk melihat keanekaragam satwa seperti capung, kupu-kupu, katak, ikan, dan satwa lainnya yang hidup di alam.
- Edukasi hutan: memperkenalkan kehidupan yang ada di tengah hutan dan pentingnya menjaga hutan.
- Edukasi alam: Program ini mengajarkan tentang nilai-nilai kebaikan dan rasa respect terhadap lingkungan sekitar dan satwa liar melalui outdoor education game.

Fasilitas & Layanan
Di wisata alam P-WEC, para pengunjung juga akan menemukan beberapa fasilitas dan layanan, antara lain:
  • Fasilitas outbound dan adventure, untuk tujuan team work building di P-WEC.
  • Fasilitator yang ramah dan berpengalaman.
  • Perpustakaan dengan koleksi sekitar 5000 buku, kebanyakan adalah buku bertemakan alam. Buka mulai jam 09.00 hingga 17.00 WIB.
  • Camping ground
  • Fasilitas untuk rapat, seminar, sarasehan, pelatihan, workshop perusahaan atau lembaga, antara lain: Balai Kijang, berkapasitas 150 orang, dilengkapi dengan meja, kursi, papan tulis dan kamar mandi di dalam gedung. Untuk rapat dengan suasana lesehan, terdapat Balai Kancil berkapasitas sekitar 70 orang.
  • Cafe Primata, bisa dipakai untuk rapat dan bisa menampung 120 orang, menyediakan makanan dan minuman tradisional Jawa yang sehat.
  • Penginapan berbentuk asrama, bisa menampung total sekitar 130 orang.
  • Mess Parrot dan Penyu dengan kapasitas total sekitar 25 orang.
  • Guest House, yaitu Guest House Tupai dengan kapasistas 5 orang dan Guest House Merak dengan kapasitas 2 orang.
Harga Tiket Masuk
Untuk pengunjung yang ingin memanfaatkan fasilitas dan layanan di Wisata Alam P-WEC, cukup kontak pihak pengelola untuk menyepakati jadwal acara. Nomor telepon yang bisa dihubungi adalah 0341-7066769, 7040564, Fax. 0341-569506.

Jam Operasional
Wisata alam P-WEC buka setiap hari mulai pukul 08:30 hingga 17.00 WIB.

Peta Lokasi

Diolah dari berbagai sumber.
Previous Post
Next Post