Pantai Goa Cina: Eksotisme Malang Selatan


Wisata Pantai Goa Cina berlokasi di Dusun Tumpak Awu, Desa Sitiarjo, Sumbermanjing Wetan. Wisata Pantai Goa Cina ini termasuk dalam gugusan pantai yang terbentang panjang dari Pantai Ungapan hingga Pantai Jolangkung. Aksesnya pun sangat mudah karena melewati jalur lingkar selatan (JLS) dengan aspal yang mulus. Selain itu, terdapat pula papan penunjuk arah yang akan memandu pengunjung untuk menuju lokasi. Pihak pengelola sendiri terus berbenah untuk memajukan Wisata Pantai Goa Cina. Dulu akses masuk ke pantai ini lumayan susah karena masih berupa jalan makadam. Tetapi sekarang mereka telah mempermudah akses ke lokasi dengan semen.

Ada mitos seputar penamaan pantai yang berjarak sekitar 70 km dari Kota Malang ini. Sebenarnya nama asli pantai ini adalah Pantai Rowo Indah. Namanya berubah menjadi seperti sekarang karena suatu peristiwa. Sekitar 20 tahun lalu, ada seorang dari keturunan Cina yang meninggal saat sedang bertapa di dalam goa yang ada di sekitar kawasan pantai ini. Karena kalah popular, nama Rowo Indah akhirnya tergusur oleh Goa Cina sampai sekarang.

Anda bisa menemukan goa tersebut sekitar 50 meter dari areal parkir di sisi kanan pantai, tepatnya berada di bukit karang. Goa tersebut sebenarnya hanya rongga yang menjorok sekitar delapan meter ke dalam batu karang Terdapat ruangan yang cukup lebar di dalam goa. Lebarnya kira-kira dua meteran. Walaupun tidak memilki batu-batu stalaktit maupun stalaknit seperti pada goa-goa kebanyakan, namun goa Cina ini seperti memiliki kekuatan supranatural yang kuat.

Selain memiliki goa, Wisata Pantai Goa Cina juga menyajikan fenomena alam yang langka. Lokasinya yang dihimpit oleh pantai-pantai di sekitarnya membuat arus gelombang datang bersimpangan tidak karuan dari tiga arah, selatan, timur dan barat. Arus gelombang itu selalu bertabrakan di antara Pulau Bantengan dan Pulau Nyonya. Kuatnya tabrakan gelombang tersebut memunculkan suara bergemuruh.

Hal lain yang menarik adalah ketika air laut surut maksimal sehingga ombak tidak bisa mencapai bibir pantai, banyak para pengunjung yang menyeberang ke pulau-pulau di sekitar Wisata Pantai Goa Cina. Hal ini sangat tidak dianjurkan oleh para pengawas pantai mengingat ombak besar bisa datang setiap saat. Seringkali kejadian para pengawas pantai harus berjibaku menyelamatkan para pengunjung yang terjebak ombak yang datang tiba-tiba pada saat menyeberang dari dan ke pulau kecil tersebut.

Fasilitas

Terdapat fasilitas-fasilitas yang memudahkan pengunjung Wisata Pantai Goa Cina, antara lain:

  1. Musholla
  2. Kedai makanan & minuman
  3. Lapangan parkir yang nyaman
  4. Kamar mandi


Harga Tiket

Untuk memasuki kawasan Wisata Pantai Goa Cina anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000,- per orang, tidak termasuk ongkos parkir kendaraan Rp 5000,-.

Akses Lokasi

Wisata Pantai Goa Cina kini cukup mudah diakses berkat dibangunnya Jalur Lintas Selatan. Dari arah Kota Malang, lanjutkan perjalanan anda ke arah Turen. Di pertigaan PT Pindad belok ke kiri menuju Dampit. Sekitar 1 km dari pertigaan PT Pindad anda akan menemukan pertigaan ke kanan dengan penunjuk arah ke Pantai Sendangbiru. Ikutilah jalan aspal yang berkelok-kelok karena melewati daerah perbukitan yang akan membawa anda melintasi Desa Sumbermanjing Wetan dan Sitiarjo.

Lanjutkan perjalanan anda melintasi jalan aspal yang menembus hutan hingga menemukan persimpangan dengan penunjuk arah ke Pantai Goa Cina, Pantai Ungapan, Pantai Bajulmati, serta TPI Sendangbiru. Belok kanan dan anda akan melintasi Jalur Lintas Selatan yang mulus. Tetaplah waspada karena jalan ini sudah mulai rusak di beberapa titik. Sekitar 7 km dari titik awal Jalur Lintas Selatan, anda akan menemukan penunjuk arah serta gapura di sebelah kiri jalan yang siap menyambut para wisatawan Wisata Pantai Goa Cina yang terletak sekitar 1 km dari Wisata Pantai Goa Cina.

Peta Lokasi



Diolah dari berbagai sumber.
Previous Post
Next Post