Pantai Bajul Mati: Sepi, Alami, Sarat Sensasi


Ketika kita mendengar nama Pantai Bajul Mati, yang terbayang adalah tempat yang angker dan menyeramkan. Ya, Wisata Pantai Bajul Mati berada di Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang. Berjarak sekitar 60 km dari Kota Malang, Wisata Pantai Bajul Mati dapat ditempuh sekitar dua jam perjalanan.

Seiring dengan dibangunnya Jalur Lintas Selatan yang nantinya akan menghubungkan daerah-daerah pesisir selatan pulau Jawa, Wisata Pantai Bajul Mati menjadi tempat wisata yang mulai akrab dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Wisata Pantai Bajul Mati dihiasi dengan pasir putih yang bersih dan bebatuan karang yang seakan menjadi gapura yang menyambut ombak-ombak laut yang menghampiri Pantai Bajul Mati. Selain pasir putih dan karan, Pantai Bajul Mati juga mempunyai teluk-teluk yang indah. Perlu diingat bagi para wisatawan bahwa pantai ini cukup dalam dan curam, tidak dianjurkan bagi para wisatawan untuk berenang. Bila Anda ingin bermain air, di beberapa bagian di bibir pantai di sebelah barat terdapat sebuah muara sungai yang memiliki arus tenang dan berwarna kehijauan.

Wisata Pantai Bajul Mati di hari-hari kerja biasanya sepi pengunjung. Anda yang merasa lapar bisa membeli aneka camilan dan makanan di beberapa warung penjual makanan kecil di sekitar pantai. Wisatawan biasanya datang berduyun-duyun ke Wisata Pantai Bajul Mati pada hari-hari libur. Biasanya, sepekan setelah Hari Raya Idul Fitri diadakan prosesi Larung Ketupat, yang tentunya menjadi daya tarik tersendiri untuk para pengunjung. Wisata Pantai Bajul Mati juga cocok dipakai untuk menghabiskan liburan dengan berkemah.

Mengapa dinamakan Wisata Pantai Bajul Mati? Hal ini tak lepas dari mitos yang menyebutkan bahwa pada saat pantai ini pertama kali ditemukan pada tahun 1890-an, ditemukan seekor buaya yang mati di sekitar pantai. Cerita lainnya, Wisata Pantai tersebut dinamakan Bajul Mati karena di pantai ini terdapat batu karang panjang yang bentuknya menyerupai seekor buaya. Ketika malam tiba, deburan ombak yang menabrak batu membuat kesan seperti seekor buaya yang hidup.
Sekitar 300 meter dari pintu masuk Wisata Pantai Bajul Mati terdapat sebuah gua bernama Goa Wil yang terdapat di sisi timur pantai. Goa ini berada di bawah sebuah bukit karang. Goa Wil bukanlah goa yang sesungguhnya karena hanya sebuah batu karang yang dasarnya terkena abrasi.

Fasilitas

Terdapat fasilitas-fasilitas yang memudahkan pengunjung Wisata Pantai Sendangbiru, antara lain:
1. Camping Ground
2. Kedai makanan & minuman
3. Gazebo yang menghadap ke pantai
4. Kamar mandi

Jam Operasional

Wisata Pantai Bajul Mati bisa dikunjungi kapan saja. Hubungi petugas setempat bila Anda ingin berkemah di sekitar Wisata Pantai Bajul Mati.

Harga Tiket

Untuk memasuki kawasan Wisata Pantai Bajul Mati, Anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp. 6.000,- per orang.

Akses Lokasi

Wisata Pantai Bajul Mati kini cukup mudah diakses berkat dibangunnya Jalur Lintas Selatan. Dari arah Kota Malang, lanjutkan perjalanan Anda ke arah Turen. Di pertigaan PT. Pindad belok ke kiri menuju Dampit. Sekitar 1 km dari pertigaan PT. Pindad Anda akan menemukan pertigaan ke kanan dengan penunjuk arah ke Pantai Sendangbiru. Ikutilah jalan aspal yang berkelok-kelok karena melewati daerah perbukitan yang akan membawa Anda melintasi Desa Sumbermanjing Wetan dan Sitiarjo.

Lanjutkan perjalanan Anda melintasi jalan aspal yang menembus hutan hingga menemukan persimpangan dengan penunjuk arah ke Pantai Ungapan, Pantai Bajul Mati, serta TPI Sendangbiru. Belok kanan dan Anda akan melintasi Jalur Lintas Selatan yang mulus. Tetaplah waspada karena jalan ini sudah mulai rusak di beberapa titik. Anda akan menemukan gerbang masuk Wisata Pantai Bajul Mati setelah melewati Jembatan Bajul Mati dan Pantai Ungapan.

Peta Lokasi



Diolah dari berbagai sumber.
Previous Post
Next Post