Taman Cerdas Trunojoyo, Wisata Gratis di Tengah Kota

taman_cerdas_trunojoyo

Setelah terpilihnya Walikota Malang, H. Moch. Anton, Kota Malang berbenah. Pembangunan yang ditujukan untuk keindahan kota dan rekreasi warganya semakin diperbanyak. Salah satunya adalah Kawasan Taman Cerdas Trunojoyo yang baru diresmikan pada 1 Juni 2014. Taman Cerdas Trunojoyo, yang peresmiannya bertepatan dengan Hari Lingkungan Hidup ini memiliki letak yang strategis karena berada di tengah kota, atau tepatnya di depan Stasiun Kotabaru Kota Malang.

Dengan disokong oleh Bentoel Group yang memegang pendanaan, pembangunan Taman Cerdas Trunojoyo ini menggunakan dana CSR (Corporate Social Responsibility) dalam rangka pemenuhan sarana prasarana Kota Malang sebagai Kota Layak Anak. Selain itu, fungsi taman juga untuk pemenuhan Ruang Terbuka Hijau (RTH) sebesar 20 persen demi mengurangi efek pemanasan global.

Sebelumnya, Taman Trunojoyo berfungsi sebagai daerah resapan dan filterisasi udara. Taman seluas 5.840 meter persegi itu kini dilengkapi dengan sumur resapan untuk meminimalisir dan mencegah terjadinya banjir. Adanya pohon-pohon penaung seperti trembesi, bungur, kecrutan, dan mahoni membuat taman ini memiliki kesan yang teduh. Pohon-pohon besar tersebut dipertahankan fungsinya karena memiliki daya serap dan daya simpan air yang tinggi, sehingga selain untuk filterisasi juga berfungsi untuk tempat cadangan air.

Fasilitas
H. Moch. Anton menyulap kawasan yang dulunya terkesan kumuh, dan penuh dengan PKL yang tidak tertata menjadi sebuah taman yang indah, asri, dan nyaman. Selain itu, pengunjung tetap bisa menikmati kenyamanan dan keindahan Taman Cerdas Trunojoyo di malam hari karena adanya fasilitas lampu taman. Taman ini juga bisa dimanfaatkan oleh warga kota untuk sarana rekreasi yang murah dan terjangkau. Bagi wisatawan yang kebetulan naik kereta api saat menuju Kota Malang bisa memanfaatkan taman ini untuk beristirahat serta menikmati keindahannya. Taman Cerdas Trunojoyo bisa jadi akan menjadi landmark baru di Kota Malang.

Sesuai dengan namanya, Taman Cerdas Trunojoyo memiliki banyak fasilitas belajar. Selain itu, Taman Trunojoyo juga dibangun dengan konsep terintegrasi yakni, sebagai tempat bermain dan berinteraktif, terutama bagi anak-anak. Hal ini ditunjukkan dengan adanya perpustakaan kecil yang menyediakan buku-buku sarat pengetahuan bagi anak-anak, dipadukan dengan desain interior yang mendukung konsep go green karena beratap dedaunan dan rerumputan.

Taman Cerdas Trunojoyo dibagi menjadi dua bagian yaitu Taman Trunojoyo sisi selatan dan utara. Selain fasilitas-fasilitas di atas, Taman Trunojoyo juga dilengkapi dengan toilet umum, ruang ibu menyusui, tempat sampah basah dan kering, tempat duduk, parkir, permainan air mancur, ruang bilas dan ganti anak, area bermain, playground, pijat refleksi, hingga wifi. Sebagai sarana bermain, Taman Trunojoyo memiliki sarana permainan untuk anak-anak seperti, taman air mancur, lautan pasir dan sarana permainan ketangkasan lain. Perlu diingat pula bahwa tidak boleh ada kepulan asap rokok di taman ini kecuali pada tempat yang telah disediakan. Demi kenyamanan para pengunjung, taman ini dijaga oleh petugas selama 24 jam.

Berbeda dengan sisi utara, taman selatan dibangun demi menampung aspirasi anak muda Kota Malang. Taman ini dilengkapi dengan amphitheater untuk ruang apresiasi seni dan musik. Untuk menambah kenyamanan pengunjung, tersedia pula Food Court yang menyediakan aneka jajanan dan kuliner bagi para wisatawan yang.

Ke depan, taman ini bakal semakin menarik dengan wahana-wahana baru seperti flying fox, tempat tari, teater, dan film.

Jam Operasional
Kawasan Taman Cerdas Trunojoyo ini terbuka untuk umum sepanjang hari. Khusus untuk perpustakaan, jam bukanya mulai dari 09.00 am hingga 16.00 pm.

Harga Tiket
Sesuai dengan tujuannya untuk mencerdaskan dan memberikan hiburan bagi pengunjungnya, Taman Cerdas Trunojoyo tidak menarik tarif apapun. Para pengunjungnya hanya perlu membayar ongkos jasa parkir yang tersedia di sekeliling taman.

Akses Lokasi
Karena letaknya yang di tengah kota, Taman Cerdas Trunojoyo sangat mudah diakses dari berbagai penjuru Kota Malang. Berhadapan langsung dengan stasiun Kota Baru, Malang, wisatawan luar kota yang baru turun dari kereta api bisa beristirahat sejenak di taman ini

Bagi wisatawan luar kota yang memakai kendaraan pribadi, Dari arah Surabaya, anda hanya perlu menyusuri jalan protokol Kota Malang hingga menemukan perempatan Jalan Semeru yang ditandai dengan Kantor Bank BCA yang berdiri megah di sisi kiri jalan. Belok kiri ke Jalan Kahuripan, lurus terus kea rah timur melewati Alun-Alun Tugu hingga anda menemukan Stasiun Kota Baru, Malang.

Taman Cerdas Trunojoyo juga dilewati banyak angkutan-angkutan kota. Dari Terminal Arjosari, angkot jurusan ADL, AL, ABG, serta GA akan melewati taman ini.

Peta Lokasi



Diolah dari berbagai sumber.
Previous Post
Next Post