Percikan Air Terjun Menyegarkan Wanawisata Coban Talun


Wanawisata Coban Talun adalah salah satu dari sekian banyak wisata air terjun di Kota Batu. Terletak di lereng barat Gunung Arjuna-Welirang, Wanawisata Coban Talun bisa menjadi pilihan terbaik anda dalam berakhir pekan. Tidak hanya karena pemandangnnya, namun medan yang ditempuh untuk mencapai Coban Talun akan memberi petualangan serta pengalaman tersendiri bagi anda. Sangat cocok bagi penghobi trekking di pegunungan.

Fasilitas
Seperti wisata-wisata pegunungan lainnya, Wanawisata Coban Talun memiliki pemandangan alam yang indah. Sebelum pintu masuk, anda sudah disuguhi dengan deretan kebun-kebun apel milik warga. Di Wanawisata Coban Talun, terdapat pula Area Perkemahan bagi para wisatawan yang memiliki hobi camping, menghabiskan waktu bersama alam.

Tantangan tersendiri diberikan bagi anda yang ingin menikmati air terjun di Wanawisata Coban Talun. Perjalanan selama kurang lebih satu jam menembus hutan pinus dan sungai-sungai kecil akan memberikan pengalaman tersendiri untuk anda. Anda tidak perlu khawatir tersesat di dalam hutan karena pihak pengelola telah membuat tanda di beberapa batang pohon sebagai petunjuk arah menuju Coban Talun.

Ingin tahu bagaimana rute-nya?

Dari pintu gerbang Wanawisata Coban Talun, anda harus melalui jalan makadam sepanjang 200-300 meter. Setelah itu anda akan menemui sebuah sungai dangkal. Seberangi sungai tersebut dan anda akan disambut oleh pohon-pohon pinus yang menjulang tinggi.

Dengan menyusuri jalan setapak anda akan menemui persimpangan jalan. Rute ke kanan adalah jalan menuju air terjun Coban Talun bagian atas. Bila anda mengikuti rute lurus maka anda menuju Coban Talun bagian bawah. Anda harus ekstra waspada karena rute akan diwarnai dengan jalan setapak yang curam dan berliku-liku karena berada di sisi tebing. Jalanan masih berupa tanah dan beberapa hanya disangga dengan kayu. Di dasar tebing tersebut adalah lokasi dari Coban Talun. Tertarik untuk mencoba rute menantangnya?

Wanawisata Coban Talun memiliki air terjun ini dengan ketinggian sekitar 75 meter. Bagi pecinta alam, anda juga bisa mendirikan tenda kemah disini. Saat cuaca cerah, butiran air yang terhempas angin akan membentuk pelangi yang menghiasi hampir di sekeliling lokasi wisata tersebut.

Wanawisata Coban Talun juga memiliki fasilitas-fasilitas umum seperti kamar mandi, toilet, dan perlengkapan untuk kegiatan alam. Terdapat pula warung yang menyediakan makanan, oleh-oleh, aneka sayuran dan buah-buahan. Namun sayang, kondisinya tidak terawat dengan baik.

Jam Operasional
Wanawisata Coban Talun setiap hari terbuka untuk umum. Namun pada hari-hari biasa pintu loket sering tertutup dan tidak ada penjaganya. Untuk menyiasati hal tersebut, anda bisa menitipkan kendaraan pada warga di sekitar lokasi wisata.

Harga Tiket

Pihak pengelola memberikan tarif masuk Rp 5.000,- per orang. Selain itu ada tambahan biaya parkir kendaraan Rp 2.000,- (untuk roda dua) dan Rp 4.000,- (untuk roda empat).

Akses Lokasi
Bagi pengguna kendaraan pribadi dari arah Surabaya, anda bisa memotong jalur yang lebih singkat,tidak perlu melewati Malang. Setelah melintasi Singosari, di pertigaan lampu lalu lintas pabrik rokok Bentoel, ambil arah ke kanan menuju Batu melewati jalan raya Donowarih yang akan membawa anda di pertigaan, arah ke kiri adalah Jalan Brantas yang menuju pusat Kota Batu, sedangkan arah ke kanan adalah Jalan Raya Sidomulyo menuju Selecta, Cangar, dan Wanawisata Coban Talun. Terdapat papan penunjuk arah yang menunjukkan lokasi Wanawisata Coban Talun yang berada di sebelah kiri jalan raya tersebut.

Untuk pemakai angkutan kota, dari terminal Arjosari, naiklah angkot AL atau ADL yang langsung menuju terminal Landungsari. Bagi anda yang dari arah Kepanjen, bisa turun di daerah Kacuk dan naik angkot GML, juga menuju terminal Landungsari. Dari Landungsari, anda bisa mencari angkot berwarna ungu dengan jurusan terminal Kota Batu. Lanjutkan perjalanan anda dengan angkot warna jingga (oranye), tujuan Selecta-Coban Talun. Anda bisa berpesan kepada pak sopir angkot supaya diturunkan di Coban Talun.

Peta Lokasi



Diolah dari berbagai sumber.
Previous Post
Next Post