Hamparan Kesejukan Kebun Teh Wonosari


Ingin berpetualang di kebun teh seperti di kawasan Puncak, Jawa Barat, sedangkan lokasi anda di Jawa Timur? Tidak perlu jauh-jauh pergi ke sana. Anda bisa menikmati sejuknya suasana perkebunan teh di Agrowisata Kebun Teh Wonosari.

Perkebunan milik PTPN XII ini berada di kota Lawang. Kota kecil yang berjarak sekitar 30 km utara Kota Malang, tepatnya di kaki Gunung Arjuno. Kawasan Agrowisata Kebun Teh Wonosari terletak di antara dua desa, yaitu Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari dan Desa Wonorejo, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang, dan bisa ditempuh sekitar 1 jam (atau sekitar 2 jam dari Surabaya) dalam kondisi lalu lintas yang lancar.

Hamparan tanah seluas sekitar 1.145 hektar itu tidak hanya dihiasi perkebunan teh saja, ada pula kebun kopi dan kakao berkualitas tinggi. Awalnya, tempat ini dimiliki oleh warga negara Belanda dan berhasil dinasionalisasikan oleh pemerintah Indonesia setelah masa kemerdekaan. Dengan ketinggian 950-1250 di atas permukaan laut, Agrowisata Kebun Teh Wonosari akan menyelimuti para pengunjung dengan hawa sejuk yang berkisar antara 19 hingga 25 derajat Celcius.

Fasilitas
Pengelola Agrowisata Kebun Teh Wonosari memberikan beberapa fasilitas yang menarik bagi para pengunjung. Diantaranya adalah:

Wisata Alam
Sudah menjadi rahasia umum bahwa masyarakat perkotaan selalu mencari tempat-tempat wisata yang berhawa sejuk untuk melepaskan rasa lelah dan penat bekerja di akhir pekan. Agrowisata Kebun Teh Wonosari bisa menjadi salah satu pilihan terbaik. Asrinya deretan pohon dan kebun teh bisa menjadi obyek menarik untuk diabadikan dalam foto. Tidak heran bila Agrowisata Kebun Teh Wonosari sering menjadi jujugan para calon pengantin untuk pengambilan foto pre-wedding.

Para penghobi fotografi juga bisa mengabadikan momen-momen indah ketika para pekerja pemetik teh melakukan pekerjaannya yang biasanya mereka lakukan setiap hari Senin hingga Sabtu pukul 06.00 am - 14.00 WIB.

Trek Tea Walk
Aktivitas ini menawarkan dua rute. Mulai dari jarak 1.5 km, hingga 3 km. Dengan ditemani pemandu, anda bisa menikmati setiap sudut tersembunyi kawasan wisata tersebut yang menawarkan berbagai keindahan. Pengunjung juga bisa berkeliling perkebunan dengan produk utama black tea ini dengan menggunakan sepeda yang bisa disewa dari pihak pengelola.

Kolam Renang & Air Panas
Selain bisa berjalan-jalan di antara dedaunan teh, Agrowisata Kebun Teh Wonosari Lawang juga memiliki fasilitas kolam air panas. Tentunya sebuah kenikmatan tersendiri bisa merasakan hangatnya kolam air panas dalam balutan hawa dingin Gunung Arjuno. Selain itu, untuk anak-anak, juga tersedia beragam arena bermain dan kolam renang.

Camp Ground
Agrowisata Kebun Teh Wonosari juga menyediakan area khusus untuk kemping bagi para wisatawan yang ingin merasakan indahnya bintang-bintang dan dinginnya malam dalam dekapan gunung Arjuno.

Selain wahana-wahana menarik di atas, Agrowisata Kebun Teh Wonosari juga melengkapi sarana mereka dengan koleksi binatang yang mereka kemas layaknya kebun binatang mini. Tersedia pula sarana berolahraga seperti sepeda gunung, lapangan sepakbola, tenis, dan bola voli.

Mobil Wisata
Agrowisata Kebun Teh Wonosari menyediakan beragam kendaraan wisata yang bisa dinikmati oleh para pengunjung untuk mengelilingi perkebunan. Mulai dari kereta kelinci hingga yang penuh aksi dengan kendaraan ATV dengan biaya sewa yang beragam.

Pabrik Teh Rolas
Di dalam area Agrowisata Kebun Teh Wonosari juga terdapat pabrik pembuatan teh yang bisa dikunjungi oleh para wisatawan. Disana, anda akan diajak untuk melihat secara dekat proses pembuatan teh merk Rolas yang kualitasnya telah diakui dunia dan dikirim ke Amerika, Eropa, dan Timur Tengah. Kunjungan wisata ke pabrik hanya bisa dilakukan mulai hari Senin hingga Sabtu saja.

Gerai Oleh-Oleh & Restoran
Sebagai buah tangan, tersedia berbagai produk teh dan kopi, pengelola Agrowisata Kebun Teh Wonosari juga menjual kerajinan tangan hasil karya penduduk sekitar perkebunan dan juga madu murni yang baru saja dipanen.

Tersedia pula restoran yang melayani menu unik, sate kelinci, dan makanan khas Malang, yaitu bakso, bagi anda yang membutuhkan energi tambahan setelah lelah menikmati indahnya alam Kebun Teh Wonosari.

Hotel & Wisma
Bagi anda yang ingin menghabiskan waktu lebih lama di Agrowisata Kebun Teh Wonosari, tersedia pula tempat menginap berupa hotel dan wisma. Hotel berkapasitas 12 kamar ini rencananya akan terus dikembangkan mengingat makin besarnya minat masyarakat kota untuk menghabiskan akhir pekan di daerah pegunungan dan akan dilengkapi dengan fasilitas setara hotel bintang tiga.

Pihak pengelola juga memberi alternatif penginapan lain untuk para pengunjung bagi para pengunjung. Mereka menyediakan wisma-wisma dengan berbagai kapasitas. Mulai dari wisma besar berisi lima kamar beserta ruang keluarga, hingga wisma kecil dengan tiga kamar.

Jaringan WiFi
Bagi pribadi yang sibuk, Agrowisata Kebun Teh Wonosari juga menyediakan jaringan internet tanpa kabel yang bisa diakses dari beberapa titik, seperti di Aula Java Cocoa, Depot Rolas, lapangan tenis, playground, Wisma Camelia, Wisma Coffee, Aula Santoon, kawasan parkir, lapangan bola, dan sekitar pabrik.

Jam Operasional
Kawasan Agrowisata Kebun Teh Wonosari buka setiap hari mulai pukul 06.00 am - 17.00 WIB.

Harga Tiket
Di hari-hari biasa, anda cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 8.000,00. Untuk hari libur harga tiket dinaikkan menjadi Rp 11.000,00. Perlu diingat bahwa harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan ketentuan pihak perkebunan.

Akses Lokasi
Bagi pengguna kendaraan pribadi, baik dari arah Malang ataupun Surabaya, anda bisa melalui jalan menuju Lawang. Untuk wisatawan dari arah Surabaya, setelah fly-over, anda akan memasuki Pasar Lawang. Di sana anda bisa melihat penunjuk arah untuk berbelok ke arah barat dan masih sekitar 6 km lagi perjalanan. Sedangkan untuk wisatawan dari arah Malang, perlambat kendaraan anda ketika mendekati Stasiun Lawang agar bisa melihat papan penunjuk arah.

Untuk yang menggunakan jasa transportasi umum, anda bisa turun di Lawang untuk kemudian melanjutkan perjalanan dengan angkutan umum jurusan SLKW (Sumber Porong-Lawang-Ketindan-Wonosari) berwarna biru. Anda cukup membayar tarif Rp 3500,00 dari Lawang ke Wonosari.

Bila anda menggunakan jasa kereta api, dari Stasiun Lawang Anda harus berjalan kaki hingga ke persimpangan menuju Wonosari. Perlu diingat bahwa angkot menuju Perkebunan Teh Wonosari hanya melayani penumpang hingga pukul 16.00.

Alamat
Alamat Wisata Agro Teh Wonosari:
Desa Toyomarto Telp. 0341-426032, 425633 Fax. 0341-425123

Peta Lokasi


Diolah dari berbagai sumber.
Previous Post
Next Post