Wisata Alam Coban Rondo dan Percikan Kesegaran Air Terjun


Dengan kontur pegunungan yang sejuk dan asri, Kota Malang memiliki berbagai macam destinasi wisata, salah satunya adalah hutan wisata atau yang dikenal dengan sebutan wanawisata. Salah satu primadona wisata alam Malang adalah Wanawisata Coban Rondo. Hal ini bisa terlihat dari banyaknya pengunjung yang mendatanginya setiap akhir pekan. Wisata alam ini terletak di ketinggian 1.135 meter di lereng utara Gunung Kawi. Aliran air yang berasal dari berasal dari air sumber di Cemoro Dudo, lereng Gunung Kawi tersebut juga dimanfaatkan sebagai irigasi pertanian masyarakat sekitar.

Fasilitas

PT. Perhutani, sebagai pengelola Wanawisata Coban Rondo, terus berbenah demi meningkatkan mutu. Dengan motto "Not Just Waterfall" (Bukan Sekedar Air Terjun), wisata alam yang memiliki air terjun berketinggian 84 meter ini semakin dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memanjakan pengunjungnya. Beberapa diantaranya adalah:
  • River Tubing
  • Tasung
  • Volley Jump
  • Family Gathering
  • Labyrinth
  • Jelajah Hutan
  • War Game (Paint Ball)
  • Fun Tubing
Camping Ground
Wanawisata Coban Rondo menyediakan area yang bisa digunakan sebagai Camping Ground atau lokasi perkemahan. Di lokasi tersebut tersedia lapangan yang bisa digunakan sebagai sarana outbound dan memiliki fasilitas penunjang kegiatan kelompok seperti:
  • Permainan high rope
  • Tracking line flying camp
  • Climbing wall
Kebun Binatang Mini
Wanawisata Coban Rondo juga memiliki Kebun Binatang Mini yang memiliki koleksi beberapa satwa yang dilindungi, seperti aneka jenis rusa, landak, dan monyet. Khusus untuk monyet, kita juga bisa menjumpai mereka bergelantungan di pepohonan menuju air terjun Coban Rondo. Beberapa diantaranya cukup jinak, bahkan bisa diajak bercengkerama dengan memberinya jagung atau kacang.

Wisma Penginapan

Bagi para pengunjung yang ingin menghabiskan liburan di Wanawisata Coban Rondo, terdapat pula beberapa wisma-wisma, yaitu Wisma Resamalla, Gemilina, Prifilia, dan Adem Ati. Harga sewanya-pun bervariasi, tergantung fasilitas yang dimiliki. Mulai dari yang termurah Rp. 65.000,- hingga Rp. 400.000,-.

Selain wisma-wisma tersebut di atas, ada satu lagi wisma yang letaknya dekat dengan Camping Ground, yaitu Penginapan Griya Wana Coban Rondo. Tarif sewanya cukup terjangkau dengan harga Rp. 150.000,- per malam.

Warung dan Pusat Oleh-Oleh

Anda tidak perlu merasa cemas bila perut terasa lapar setelah lelah berkeliling di Wanawisata Coban Rondo. Di sekitar area parkir kendaraan terdapat banyak kios penjual aneka makanan dan minuman. Yang paling populer adalah jagung bakar.

Selain warung-warung makanan, terdapat pula pusat oleh-oleh yang menjual berbagai macam buah tangan khas Coban Rondo. Mulai dari kaos, sandal, hingga pernak-pernik perhiasan.
Mushola dan Resting Area
Bagi yang beragama Islam tersedia mushola yang letaknya dekat dengan kolam tempat curahan air terjun. Selain itu terdapat pula tempat beristirahat. Bangunan mirip joglo tersebut cocok untuk melepas lelah setelah berkeliling Wanawisata Coban Rondo.
Coban Dudo dan Coban Manten
Coban Rondo bukanlah satu-satunya air terjun di Wanawisata Coban Rondo. Masih ada dua lagi lagi air terjun di atas Coban Rondo, yaitu Coban Manten yang airnya mengalir dan membentuk Coban Dudo sebelum menyatu lagi, mengalir ke bawah dan menjadi Coban Rondo.

Sumber air Coban Rondo, Coban Dudo, dan Coban Manten berasal dari Kepundan, suatu dataran tanpa pohon yang berada di atas Coban Manten. Siapkan tenaga ekstra bila ingin menyaksikannya karena jalan cukup licin dan berjarak sekitar 3-4 kilometer.

Jam Operasional

Wanawisata Coban Rondo dibuka untuk umum mulai jam 09.00 am - 17.00 WIB.

Harga Tiket

Untuk memasuki lokasi Wanawisata Coban Rondo, wisatawan lokal dipungut biaya Rp. 10.000,- Sedangkan untuk wisatawan mancanegara harga tiket masuk sebesar Rp. 15.000,- Harga ini tidak termasuk ongkos parkir kendaraan.

Akses Lokasi

Wanawisata Coban Rondo terletak sekitar 25 km dari Kota Malang atau sekitar 12 km dari Kota Batu dan bisa ditempuh selama satu jam bila lalu lintas lancar.

Dari arah Kota Batu, ambillah arah menuju Kota Kediri melalui Jalan Panglima Sudirman dan Jalan Trunojoyo. Setelah melewati Payung anda akan menemui gerbang Wanawisata Coban Rondo. Gerbang tersebut ditandai dengan Patung Sapi. Pengguna angkutan umum dari terminal Landungsari atau Batu bisa menaiki bis tujuan Kediri atau Jombang dan turun di Patung Sapi tersebut.Anda bisa berpesan kepada kondektur bis untuk diturunkan di jalan masuk Coban Rondo. Tersedia ojek di sekitar Patung Sapi yang siap mengantar anda ke Wanawisata Coban Rondo

Para pengemudi diharapkan berhati-hati ketika menuju Coban Rondo karena jalannya yang berkelok-kelok, bertebing dan jurang yang curam serta rawan longsor sepanjang perjalanan menuju Wanawisata Coban Rondo. Dua kilometer sebelum memasuki kawasan akan ditemui papan bertuliskan Welcome to Wanawisata Coban Rondo, lalu berbelok ke arah kiri menuju area parkir Wanawisata Coban Rondo.

Peta Lokasi



Diolah dari berbagai sumber.
Previous Post
Next Post