Kusuma Agrowisata, Pelopor Wisata Agro Indonesia

Kusuma Agrowisata adalah tempat wisata yang dapat dijadikan alternatif ketika Anda bosan dengan pusat perbelanjaan atau wana wisata permainan. Terletak di Kota Batu yang terkenal dengan apelnya, di sini Anda dapat memetik dan mencicipi apel Batu yang hijau kemerahan langsung dari pohonnya. Ditemani panorama alam yang indah dengan kesejukan udara pegunungan, Kusuma Agrowisata terletak di ketinggian 1000 m di atas permukaan laut.


Kusuma Agrowisata berdiri pada tahun 1991 dan merupakan salah satu pionir wisata agro di Indonesia. Kusuma Agrowisata juga hadir sebagai media belajar bagi anak maupun wisatawan pada umumnya tentang dunia agro. Yang unik, Kusuma Agrowisata adalah satu-satunya wisata agro yang memiliki fasilitas penunjang berupa hotel, bukan sebaliknya. Di Kusuma Agrowisata anda dapat melakukan wisata petik beberapa jenis buah, antara lain apel, jeruk, jambu merah, strawberry, buah naga maupun sayur-sayur hidroponik bebas pestisida.

Agrowisata ini berjarak hanya 2,5 km dari pusat Kota Batu dan hanya sekitar 20 km dari Kota Malang. Lokasi tepatnya berada di Jalan Abdul Gani Atas, Kota Batu. Tempat ini juga dekat dengan tempat wisata terkenal Batu lainnya seperti Jatim Park 1 atau Batu Secret Zoo.

Kusuma Agrowisata sangat cocok dijadikan tempat wisata yang edukatif maupun menyenangkan untuk keluarga. Anak-anak dapat belajar mengenal lebih dekat tentang berbagai buah-buahan serta sayuran, termasuk cara budidayanya. Tak ketinggalan, Anda juga dapat melihat Kusuma Agroindustri yang memanfaatkan buah-buah lokal menjadi berbagai produk olahan.

Fasilitas

Beberapa fasilitas dan layanan yang dapat Anda nikmati di Kusuma Agrowisata adalah sebagai berikut:

Wisata Petik

Wisata petik adalah atraksi utama dari Kusuma Agrowisata. Anda dapat memetik buah apel, jeruk, strawberry, jambu merah, buah naga serta sayur hidroponik. Anda akan ditemani oleh pemandu sepanjang perjalanan menyusuri kebun. Pemandu tersebut juga akan mengajari Anda tentang cara memilih buah yang matang, memetik buah dengan cara yang benar serta cara budidaya. Jenis buah yang dapat Anda petik tergantung musim panen buah tersebut.

Mobil Wisata

Kusuma Agrowisata menyediakan fasilitas mobil wisata yang dapat mengantarkan Anda menelusuri berbagai kebun buah. Fasilitas ini merupakan suatu pilihan, apabila Anda enggan untuk berjalan menyusuri kebun yang sangat luas ini. Dikenakan biaya tambahan bila Anda ingin menggunakan fasilitas ini.

Kusuma Agrowisata Resort and Convention Hotel

Buat Anda yang ingin lebih lama merasakan suasana Kota Batu yang sejuk dengan pemandangan kebun yang asri dan menyegarkan mata, menginap di Hotel Kusuma Agrowisata dapat menjadi pilihan yang tepat. Hotel ini dilengkapi dengan berbagai sarana yang memberikan kenyamanan untuk Anda. Berikut beberapa fasilitas di Kusuma Agrowisata Resort and Convention Hotel:

  • 151 Kamar, Suite dan Vila
  • Restaurant, Coffee Shop dan Bar
  • Kolam Renang
  • Pusat Kebugaran (Gym)
  • Lapangan Tenis
  • Lapangan Sepak Bola
  • Ruangan Rapat
  • Lapangan Parkir
  • Laundry
  • Taman Bermain Anak-anak
  • Permainan Ketangkasan dan Outbond

Kusuma Agrowisata juga menyediakan fasilitas penunjang berupa berbagai permainan seru yang dekat dengan alam. Dikenakan biaya tambahan untuk menikmati berbagai permainan ini. Harga tergantung jenis permainan yang Anda mainkan. Berikut beberapa jenis permainan yang tersedia di Kusuma Agrowisata:

  • Permainan High Rope seperti, Flying Fox, Wall Climbing, Flying Squirrel
  • Paintball Combat
  • Air Soft Gun Battle
  • Motor Cross Funride
  • ATV Funride
  • Menunggang Kuda Poni
  • Memancing
  • Kedai Makanan dan Minuman

Terdapat 3 kedai makanan dan minuman di Kusuma Agrowisata yaitu, kedai apel, kedai strawberry serta kedai alamanda. Khusus di kedai apel dan strawberry, Anda dapat menikmati berbagai menu familier yang diolah dengan apel dan strawberry. Contoh menu spesial kedai apel dan strawberry yaitu, Apple Chicken Steak, Nasi Goreng Apel Spesial, Nasi Udang Strawberry, Ayam Penyet Strawberry. Jangan khawatir tentang harga, karena menu di kedai-kedai ini cukup terjangkau di kantong Anda.

Gerai Oleh-Oleh

Anda dapat membeli berbagai oleh-oleh di gerai khusus yang disediakan oleh Kusuma Agrowisata. Utamanya, Anda dapat menjumpai berbagai macam produk hasil Kusuma Agroindustri seperti sari apel, jenang apel, keripik apel.

Rumah Kaca (Green House)

Di tempat ini, Anda dapat menikmati serta membeli berbagai jenis tanaman seperti buah-buahan, sayuran atau tanaman hias. Dijual pula berbagai macam benih tanaman dan bunga.

Jam Operasional

Kusuma Agrowisata buka setiap hari mulai pukul 08.00 am - 17.00 WIB.

Akses Lokasi

Untuk menuju lokasi Kusuma Agrowisata, Anda cukup melalui jalan yang mengarah ke Kota Batu.

Jika Anda berasal dari Malang Kota, Anda dapat melalui jalur Jalan MT.Haryono. Dari jalan ini, Anda cukup mengikuti jalan utama dan akan melewati Jalan Tlogomas, Jalan Raya Sengkaling, Jalan Raya Ir.Soekarno dan Jalan Pattimura. Anda lurus terus hingga menemui persimpangan jalan yang ditandai dengan pos polisi. Belok kiri pada persimpangan itu dan Anda akan berada di Jalan Imam Bonjol. Melewati jalan ini, di sebelah kiri dan kanan terdapat pasar dan terminal Kota Batu. Jalan lurus terus melalui jalan ini, hingga di ujung Anda menemukan suatu perempatan kecil. Belok kanan dan ikuti jalan tersebut, Anda berada di jalan Sultan Agung. Ikuti jalan yang tertata cukup apik tersebut hingga Anda berada di ujung jalan yang terbagi dalam suatu persimpangan. Belok kiri dan ikuti jalan tersebut hingga Anda menemukan gerbang masuk kompleks Kusuma Agrowisata Batu.

Jika Anda berasal dari Surabaya, Anda dapat melalui jalur pintas menuju Kota Batu melalui jalur Karanglo. Di pertigaan Karanglo, Anda belok kanan dan lurus terus mengikuti jalan utama. Nantinya, Anda akan sampai di daerah yang disebut pertigaan Pendem, belok kanan pada pertigaan tersebut. Anda langsung tiba di jalan Ir.Soekarno, arah selanjutnya sama seperti yang tertulis di atas.

Peta Lokasi



Diolah dari berbagai sumber.
Previous Post
Next Post